SURABAYA – Memiliki pekerjaan dengan cepat setelah lulus kuliah dan sesuai dengan keinginan bukan hal yang mustahil jika mengetahui kunci agar Human Resource Development (HRD) dapat melirikmu. Kali ini, Himpunan Mahasiswa Manajemen Universitas Airlangga (UNAIR) mengelar kegiatan Branding Class 2022 pada Sabtu (16/7/2022).
Kegiatan bertajuk Build Your Personal Value for Career Path itu mengundang Ade Eva Fatmawati seorang career and educational content creator. Ia membeberkan tips dan hal-hal penting lainnya seputar HRD kepada para peserta webinar.
Webinar diawali dengan memperkenalkan platform LinkdIn, yakni media sosial yang biasa digunakan para profesional untuk melamar pekerjaan sekaligus merektrut karyawan. Eva menuturkan, ada beberapa bagian dari LinkdIn yang baik agar dilirik oleh HRD.
Pertama, memasang profesional foto. Profil yang ada di LinkdIn sebaiknya mengunakan foto formal dan sopan, bukan foto selfie. Kedua, ada headline yang memberikan informasi-informasi terkait diri kepada recruiter. Selain itu, Eva membeberkan cara menuliskan deskripsi diri di LinkdIn yang ternyata memiliki bagian-penting.
“Menulis tentang atau about di LinkdIn temen-temen bisa menuliskan dengan susunan paragraf pertama diisi dengan personal information yang berupa background education dan title. Lalu, paragraf kedua diisi dengan pengalam-pengalaman dan skill yang dikuasai, ” ucap Eva.
“Selanjutnya, paragraf ketiga diisi dengan pencapaian dan ketertarikan Anda pada hal-hal di luar kemampuan. Terakhir, tulis kontakmu agar mudah untuk menghubungi atau menawarkan pekerjaan kepadamu, ” tambahnya kepada peserta webinar.
Baca juga:
Kode Etik Jurnalistik
|
Lima Hal Penting
Kemudian, Eva juga menjelaskan tentang penulisan curriculum vitae atau CV yang baik kepada peserta webinar. Menurutnya, seorang HRD hanya membutuhkan waktu 5-7 detik saja untuk scaning CV yang dinyatakan lolos dan tidak. Sehingga penting untuk memperhatikan lima hal ini.
Pertama, personal information yang berisikan informasi tentang Anda mengenai nama lengkap, alamat domisili, serta kontak yang dapat dihubungi. Kedua, profile summary yakni deskripsi singkat yang mengambarkan dirimu yang telah disesuaikan dengan kualifikasi pekerjaan yang dituju.
Ketiga, work experience yang berisi tentang pengalaman pekerjaan sebelumnya. Bagi fresh graduate atau mahasiswa dapat diisi dengan pengalaman magang maupun pengalaman kerja yang dapat menunjang pekerjaan yang dituju.
Keempat, educational background yaitu dengan menuliskan asal universitas ataupun sekolah bekerja jurusannya dan juga mungkin IPK. Kelima, skill yaitu kemampuan baik soft skill maupun hard skill yang dikuasai saja. (*)
Penulis: Septiana Wulandari
Editor: Binti Q. Masruroh